Perkembangan Mesin Kasir Dari Dulu Hingga Sekarang dan Kelebihan Setiap Tahunnya



Sejarah Mesin Kasir

Pernah membayangkan apa jadinya sebuah toko tanpa mesin kasir? Sebelum tahun 1878, seperti itulah situasinya.

Tidak adanya alat untuk menghitung jumlah penjualan dan mencatat detail transaksi membuat pemilik toko kesulitan dalam memastikan untung-ruginya bisnis mereka selama ini. Teknologi semakin maju, hal ini juga membuat toko atau usaha ritel untuk menerapkan program kasir untuk memudahkan transaksi, dengan adanya jasa pembuatan software kasir bisa membantu dalam pembuatan program kasir.

Belum lagi saat itu pegawai-pegawai yang malas dan tidak jujur dianggap sebagai keadaan yang wajar.

Kemudian James Jacob Ritty, seorang pemilik salon di Ohio, Amerika Serikat, berhasil menemukan sebuah mesin untuk mencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan.

Mesin kasir ini sangat membantu pemilik usaha dan pelanggannya karena proses bisnis berjalan dengan lebih baik.



Mesin pencatat laporan penjualan

Seiring perkembangan zaman, mesin kasir ciptaan Ritty mendapat banyak penambahan fungsi dan fitur. Perusahaan besar seperti Casio dan Sharp berusaha mengembangkan mesin kasir dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Perkembangan jaman menuntut toko atau usaha ritel untuk lebih cepat dalam transaksi,maka dari itu dibutuhkan jasa pembuatan aplikasi kasir untuk membuat software pos sebagai solusi untuk transaksi dengan cepat.

Mesin kasir tersebut memiliki kualitas yang baik dan dapat mencatat laporan penjualan sehingga mengoptimalkan proses bisnis sebuah perusahaan.

Mesin kasir di tahun 2000-an
Memasuki abad 21, mesin kasir telah mengalami banyak perubahan. Ada mesin kasir yang hanya menghitung jumlah transaksi, ada pula yang sudah didukung oleh teknologi komputasi cloud dan memiliki banyak fitur.

Perkembangan termutakhir dari mesin kasir adalah yang berbasis web atau aplikasi yang terhubung dengan internet, disebut pula dengan istilah Point of Sale (POS).

Pebisnis cukup menyediakan perangkat ponsel, jaringan internet dan printer kasir, dan ia akan langsung dapat menghitung transaksi pelanggan.

Untuk yang berbasis aplikasi, POS dapat diunduh di Play Store (Android) dan App Store (iOS) dan menggunakan semua fiturnya dengan harga yang relatif terjangkau. Tak heran apabila POS versi terbaru ini, atau Cloud POS, mulai banyak digunakan oleh pebisnis masa kini.


Penggunaan mesin kasir
Pada awalnya, penggunaan mesin kasir hanyalah untuk mencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan. Kemudian, fungsinya bertambah menjadi alat untuk melakukan pencatatan penjualan.

Sekarang, mesin kasir dengan sistem POS sudah memiliki banyak kegunaan lain seperti manajemen karyawan, pengelolaan stok barang, memberikan program loyalitas pelanggan, dan pengecekan laporan penjualan. Dengan cloud POS, laporan ini bahkan bisa diakses oleh pebisnis kapan saja dan di mana saja.

Comments