Peluang Ekonomi Indonesia di Jaman Digital

 

Peluang Ekonomi Digital di Indonesia

Laporan McKinsey berjudul Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity menyebutkan Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari revolusi digital dan akan banyak jasa social media marketing yang berdiri. Untuk mempercepat kemajuan, sektor publik dan swasta harus fokus berinvestasi pada teknologi digital dengan peningkatan infrastruktur, penetrasi, dan mendorong produktivitas. Di Indonesia perkembangan digital sudah sangat pesat saat ini pun sudah banyak digital agency terbaik yang ada di Indonesia.

Menurut laporan itu, dampak ekonomi yang dihasilkan bisa mencapai US$ 150 miliar per tahun pada 2025 itu terlalu besar untuk diabaikan. Indonesia adalah pasar terbesar e-commerce di Asia Tenggara. 


Pada 2014, lembaga Euromonitor yang dilansir DBS, mencatat, penjualan online Indonesia menggapai US$ 1, 1 miliyar, melampaui Thailand serta Singapore. Tetapi, bila dibanding dengan total perdagangan retail, penjualan e- commerce di Indonesia cuma menyumbangkan 0, 07 persen. Maksudnya, pasar e- commerce Indonesia berpeluang buat berkembang terus menjadi besar. Tidak hanya dengan media iklan yang telah biasa dikala ini terdapat digital adevertising Indonesia. Terlebih dengan jumlah penduduk serta tingkatan produk dalam negeri bruto( PDB) terbanyak di ASEAN.( Studi DBS E- Commerce in Asia: Bracing for Digital Disruption).


Kemampuan besar tersebut jadi dasar penataan Peta Jalur Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik dan kemajuan di bidang jasa social media marketing. Peta jalur itu dimasukkan dalam Paket Kebijakan Ekonomi XIV yang menfokuskan pengembangan industri startup dengan target mempersiapkan 1. 000 startup pada 2020. Pasti saja, buat menggapai sasaran 1000 technopreneur, pemerintah wajib meluaskan penetrasi Internet yang sepanjang ini cuma terfokus di Jawa.


Comments