TIK Berperan Penting Dalam Mendukung Proses Bisnis


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan penting dalam mendukung proses bisnis perusahaan. TIK sudah banyak diadopsi oleh perusahaan besar, sedangkan adopsi TIK oleh pelaku UKM Indonesia masih rendah.Perusahaan memerlukan software ERP untuk memudahkan pendataan dan sebagainya maka dari itu jasa pembuatan software erp jakarta bisa membantu perusahaan dalam pembuatan software erp. Rendahnya adopsi TIK oleh pelaku UKM menurut Wahid dan Izwari (2007:78) karena manfaaat potensial yang ditawarkan TIK tidak sesuai dengan kebutuhan UKM di Indonesia yang operasionalnya masih menggunakan metode tradisional.


Lebih lanjut Wahid dan Izwari (2007:78) berpendapat, perlu menumbuhkan kesadaran akan potensi TIK dalam mendukung proses bisnis pada UKM. Salah satu aplikasi TIK yang dapat mendukung bahk an menur ut Ahli meningkatkan proses bisnis pelaku UKM adalah Sistem ERP. Peran software erp sangatlah penting bagi perusahaan,jasa pembuatan software erp bisa membantu perusahaan dalam pembuatqa software erp.Untuk menumbuhkan kesadaran peran sistem ERP dalam mendukung proses bisnis UKM diperlukan literatur-literatur dari hasil penelitian yang membahas implementasi ERP pada UKM. Hasil penelitian ini sebagai pembelajaran bagaimana menyusun perencanaan dan mengimplementasikan ERP dengan baik.

Dengan menyusun strategi perencanaan yang lebih baik akan membantu UKM mendapatkan keuntungan yang potensial dari ERP (Zach et al. 2014:23). Penelitian implementasi ERP di UKM yang ditemukan di Indonesia sangat terbatas. Dua diantaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Mudiantono (2013) dan penelitian oleh Falgenti dan Pahlevi (2013).

Variabel yang mempengaruhi kesuksesan implementasi ERP pada pelaku UKM di Jawa Tengah. Keenam variabel yang diuji yaitu: Dukungan Manajemen Puncak, Projek Manajemen yang efektif, Business Process Reengineering, pemilihan software dan hardware yang tepat, pendidikan dan pelatihan, serta dukungan vendor, semuanya mempengaruhi kesuksesan implementasi ERP pada UKM di Jawa Tengah. Falgenti dan Pahlevi (2013) mengevaluasi implementasi sistem ERP di PT.ABE salah satu pelaku UKM di Jakarta, hasil evaluasi ditemukan faktor-faktor kesuksesan implementasi ERP di PT.ABE adalah BPR yang berjalan dengan lancar, Kostumisasi yang minimal dan komitmen manajemen tingkat atas yang tinggi.

Comments