Pengertian Cyberwar dan Contohnya



 Masih ingatkah Anda dengan fenomena fanatisme relawan pendukung Jokowi dan Prabowo dalam kontestasi Pemilu 2019 lalu? Kedua kelompok saling berlomba mengusung masing-masing calon, baik sebelum Pemilu diadakan maupun beberapa bulan setelahnya. Dalam pemilu jasa social media management juga ikut berperan untuk kampanye online mereka. Atmosfer semangat hingga gaduh yang disebabkan oleh opini maupun pemberitaan terkait figur Jokowi atau Prabowo, menjadi warna yang tidak bisa dielakkan. 


Ada banyak stereotipe Jokowi yang dijadikan ‘senjata’ oleh kubu pendukung Prabowo, diantaranya prokomunis, pro-Syiah, dan ketidakjelasan nasab (silsilah dalam keluarga). Begitu pula sebaliknya, stereotipe Prabowo yang acap kali dijadikan ‘senjata’ oleh kubu Jokowi adalah sejumlah kasus pelanggaran HAM. 


Stereotipe menjadi materi dasar belief dalam diri individu maupun kelompok (kolektif), dan dalam situasi tertentu, belief tersebut menjadi prasangka yang selanjutnya dapat menyulut perilaku diskriminasi maupun tindakan nonkooperatif lainnya, seperti fitnah dan permusuhan antarkelompok.

Bagi para pembisnis pasti punya medsos tapi tidak bisa memanejemennnya karena tidak ada waktu atau belum tau strateginya,tak perlu pusing lagi anda bisa menggunakan jasa social media management.Menurut beberapa pakar, perilaku kolektif diartikan sebagai aksi yang dilakukan secara bersama-sama atau serentak dengan cara yang mirip oleh sejumlah besar orang dalam kelompok dalam suatu situasi atau kejadian tertentu, yang terkadang dapat berupa aksi yang tidak biasa (Krahe, 2005; Hewstone & Stroebe, dalam Krahe, 2005; Forsyth, 2010; McPhail, dalam Forsyth, 2010). 

Perwujudan perilaku kelompok pendukung Jokowi dan Prabowo uniknya terjadi secara masif di lingkungan daring atau berkutat dalam konstelasi media sosial yang terhimpun dalam komunitas-komunitas tertentu.Ajang debat kusir dan adu berita hoax seolah menjadi paket menu yang biasa dijumpai dalam arus notifikasi media sosial kita, seperti Facebook dan Twitter, selain berita atau status dukungan untuk mereka.

Comments